Kamis, 21 April 2016

Munasabah Dalam berdizkir

Source:Google
Setiap dzikir ada munasabah-nya (waktu yang pas sesuai dengan tuntunan). Maka, kita seharusnya berdzikir sesuai dengan munasabah tersebut, dan tidak menympang dari garis-garis yang telah ditentukan. Karena bila tidak sesuai, hal ini menunjukkan bahwa kita tidak mengikuti sunnah Rasulullah Shollallahu 'alayhi wassallaama.

Setelah selesai mengerjakan sholat, Rasulullah Shollallhu 'alayhi wassallaama  menganjurkan kita membaca tasbih tiga pulu tiga kali, tahmid tiga pulih tiga kali, takbiir tiga puluh tiga kali dan, tahlil seratus kali, lalu membaca ayat kursi, surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas.

Apabila kita naik gunung atau membawa barang yang berat maka hendakanya kita membaca Laa Hawla Walaa Quwwata illa billah (tanpa harus menambah dengan kata azhiim bila ingin sesuai sunnah).

Abu Musa Radhiyallahu 'anhu berkata, "Kami pernah mendaki lereng bersama Rasulullah Shollallhu 'alayhi wassallaama, orang-orang memekikkan Allahu Akbar  sedangkan aku sendiri mengucapkan Laa Hawla Walla Quwwata Illaa Billaah, Rasulullah Shollallhu 'alayhi wassallaama kemudian berkata kepadaku, "Wahai Abu Musa, maukah aku tunjukkan kepadamu salah satu harta surga?"

"Mau, Wahai Rasulullah." Jawab Abu Musa

Rasulullah Shollallhu 'alayhi wassallaama menjawab, "Laa Hawla Walla Quwwata Illaa Billaah." (HR. Bukhori 4205 dan Muslim 2704)

Apabila kita sedang bertafakkur atas keindahan ciptaan Allah Subhanahu wata'ala., Maka bacaan yang yang sesuai dengan kondisinya yaitu ucapan Subhanallah, sebagaimana firman Allah dalam surat Ali Imran 190-191, yang artinya "....Ya Tuhan kami tidaklah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkah, maka peliharalah kami dari siksa api neraka." Kemudian ketika nama Muhammad Rasulullah disebut, kita ucapan sholawat kepada beliau. Adapun ketika kita makan, kita mulai dengan bismillah dan kita akhiri dengan membaca Alhamdulillah.

Jadi setiap dzikir yang diajarkan Rasulullah Shollallhu 'alayhi wassallaama ada tempatnya masing-masing.

Semoga Bermanfaat...

Jambi, 21 April 2016
22.26 WIB
(Intisari Ihfazhillah yahfazhaka)

0 Silakan Kritik dan Sarannya ^_^:

Posting Komentar

Katakan Apa Yang Ingin Anda Katakan... ^_^

No Copyright@

Hak Cipta Dilindungi Allah SWT, Bila Ada Salah Kata Mohon Dimaafkan. Lagi Belajar sich ^_^
Diterima Cacian, Makian, Saran dan Kritik
Email: abu.aifah1@gmail.com
CP/Whatsapp :
0821-7816-9560

KPR Non Ribawi Jambi

 

.:: Inspirasi Bang Malik ::. Published @ 2014 by Bang Malik

Blogger Templates