Selasa, 31 Maret 2009

Romantisme, isme apa ini ?

Oleh: Sulthan Malik Abdullah

Adakah isme-isme yang tidak mengganggu perjalanan dakwah ? penulis mengawali artikel ini dengan pertanyaan yang terkesan absurd.

Dakwah adalah sesuatu yang seyogyanya kita maknakan secara universal, yaitu tidak dimonopoli oleh satu golongan tertentu (tarbiyah, tabligh, salafy). Selagi ia masih berpegang pada Qur’an dan Sunnah maka ia adalah bagian dari kita.

Ada berbagai isme yang bisa menganggu ke¬-universalitas-an Islam dan dakwahnya, yaitu Nasionalisme. Isu itu telah membuat dakwah Islam menjadi tersekat-sekat oleh territorial semata. Sehingga nilai-nilai Islam dan dakwahnya yang Rahmatan lil ‘alamin hanya tinggal jargon semata. Dan masih banyak isme-isme lainnya yang bisa menganggu dakwah Islam.

Lalu bagaimana dengan isme yang satu ini ? Romantisme. Isme apa ini ? apakah ia akan menganggu ideologi, bila faham ini kita jadikan sebuah “manhaj” baru dikalangan para aktivis dakwah. Menanamkan suasana hubungan yang romantis dikalangan aktivis adalah sebuah pekerjaan yang mudah – Idealisnya - , tetapi terkadang juga berat untuk dilakukan. Terutama dikalangan ikhwan, sekedar menanyakan “kabar” saudaranya saja berat apalagi untuk menjenguknya (baca: Silaturahim).

Coba perhatikan – jangan dalem-dalem, ya -, bagaimana saudari-saudari kita akhwat membangun suasana romantis dikalangan mereka. Tradisi semut tidak mereka mereka tinggalkan. Ketika bertemu maupun berpisah dengan sesamanya, yang namanya cipika-cipiki tidak pernah absen. Jarang sekali dikalangan ikhwan hal ini terjadi. Lembut ketika bicara dengan akhwat, kerasnya nggak ketulungan ketika bicara dengan sesama ikhwan, bener-bener diskriminasi perasaan nich.

Lalu bisakah Ikhwan dan Akhwat membangun suasana romantis pula ?. tentu bisa dan sangat bisa. Cukup kirim SMS cinta, tanyakan kabar ketika sedang dipisahkan oleh jarak. Jangan pernah malu, karena hal ini wajib dilakukan oleh Ikhwan dan Akhwat, alasannya kenapa?, karena selain menambah ghiroh dalam berdakwah, juga untuk membangun chemistry yang semakin mendalam diantara ikhwan dan akhwat tersebut.

Karena mustahil ikhwan dan akhwat yang telah disatukan didalam tali pernikahan tidak melakukan hal demikian. Hiduplah dalam indahnya Romantisme. Selamat beromantis ria. Bersabarlah karena didepan sana, ada seseorang yang dipersiapkan oleh Allah Swt untuk kita. Amiin.

0 Silakan Kritik dan Sarannya ^_^:

Posting Komentar

Katakan Apa Yang Ingin Anda Katakan... ^_^

No Copyright@

Hak Cipta Dilindungi Allah SWT, Bila Ada Salah Kata Mohon Dimaafkan. Lagi Belajar sich ^_^
Diterima Cacian, Makian, Saran dan Kritik
Email: abu.aifah1@gmail.com
CP/Whatsapp :
0821-7816-9560

KPR Non Ribawi Jambi

 

.:: Inspirasi Bang Malik ::. Published @ 2014 by Bang Malik

Blogger Templates