Minggu, 27 September 2009

KKN, IAIN STS Jambi

“assalamu’alaykum...” suara dari luar apartemenku, tak kujawab, karena saat itu aku sedang sholat dhuha en rencana mau ngapalin beberapa surat dalam Al Qur’an yang mana aku interest untuk ngapalinnya – sama ayat kok pilih2 – gak gitu kalee...

Suara terus bergema, akhirnya aku keraskan suara takbiratul ihram ku, namun bukannya diem itu orang, pintu malah dibuka, munculah sepasang makhluk hidup berjenis kelamin lanang dan betino, ni orang jambi klo nyebut jenis kelamin manusia.

Jujur saja, sholatku jadi rada terganggu, apalagi itu raka’at pertama. Di luar sudah ada orang yang nunguin aku. Yaaahh mereka itu temen satu kelompok PPL yang bersama bule’ Australia ntu. Akhirnya surat Al Kahfi Cuma aku baca 5 ayat dan seperti pada umumnya, raka’at kedua surat dhuha’.

“Masuklah woi...!!!” ujarku dari dalem.
“Tugas kito sudah lik?? Tanya mereka, cocok banget dah...
“Belum, dak tersetruktur nian, kito banyak ngancok colok (lancang, motong pembicaraan orang), si bule’ belum selesai ngomong, kito lah motong dak jelas. Pening aku... masih dikit lagi belum kelar.” Kataku
“Ya, udahlah, kito selesein di posko kami be, yo”
“Bang, boleh masuk dak” suara seorang wanita yang berdiri di depan pintu.
“Daaak!!” kataku, emang aku rada gila dengan cewek. Gak ade lembut2nya. Ada yang bilang kasarlah, kurang pekalah, dan predikat jelek lainnya. Bodo’ amat, males ngambil muka. Karena bagi aku cowok yg banyak ngambil muka depan cewek itu, cowok nggak beres kebanyakan. Manis di depan, Pahit di Belakang. PENGALAMAN!!!. Nggak tau mereka Malik sebenernya “Tampang Reman, hati Roman. Klo sudah sensi, gak nahhaaann!”

Akhirnya sudah kupindah semua data di komputer ke USB-nya. Aku ada inisiatif, mau ikut ke posko mereka. Nggak ada kerjaan di kamar, baca2 buku tentang pernikahan, yang ada bikin aku kangen mulu menanti kehadiran sang bidadari itu.

Sekitar 20 menitan aku bareng temenku ke tempat posko KKN (Kuliah Kerja Nyata) ato Kukerta. Diiihh,,, disebuah kabupaten perbatasan Kota Jambi. Aku langsung jatuh cinta ama ini desa – Desa Dusun Tuo, klo ndak salah – sejuk niaan... posko mereka adalah rumah panggung yang asri, dikelilingi pohon kelapa, pokoknya bikin iri. Dan masuklah aku ke dalam posko mereka ini.

“Waaahh,,, Abang Maliiiiikkk.” Teriak segerombolan wanita yang di dapur setelah melihat kehadiranku. Sok histeris deh – semoga kalian baca ini :p – ada yang ngiris bawang, ngulek cabe, goreng kentang, tahu, dan tempe.

Semua menjulurkan tangan, aku Cuma bisa ngasih kode bertapa aja. Alias nggak mau salaman ma beda jenis, imanku lemah!!! Yaahh cukup lama ngobrol ma mereka, salah satunya ini;
“bang, KKN di mano?” ujar salah satu mahasiswi satu fakultas denganku
“di simpang kawat.” Jawabku pendek
“Haahh... emang biso KKN di Kota?” tanyanya polos, dasar dodol, yang gak bisa donk non!.
“Bisolah, Kuliah Kerja Nikah,,, huahahahaha.” Pecahlah gelak tawa dalam ruangan itu.
“Haiizzz,,, abang nich dari dulu lah, yang diomongi nikah terus, ntah kapan2 undangan tu datang.” Protes seorang cewek yang laen
“Lah, itu motivasi buat klian be, dari pada jalan beduoan dak jelas, pacaran tigo tahun, kamu dah kemano be tu? Pulsa lah habis berapo, Cubo tabung, ado juga ongkos untuk nikah.” Aku mulai rada sarap, nasehatin orang pintar, modal buat nikah aja masih keteteran. Dasar CINTA!!!.

Ternyata bukan ikhwan saja, klo abis godain akhwat dengan SMS tausyiahnya, mereka lari balik kanan ketika akhwat menantang dia tuk melamar. Ustadzpun ada yang demikian, ada MT-nya yang mau nikah, ehh dia malah pulang kampung – balik kanan, karena nggak pengalaman, otaknya sesak bin penuh dengan kalimat2 teoritis semu, aku yang rencana nikah jadi terlantar, nggak ada aku takutkan selain kemurkaan Allah – . Rasanya nggak terima aku dititipi ke dia. MR-ku yang asli lagi doktoral, mudah2an tahun depan dah selese.

Kembali ke Laptop, tadi pagi ntu, yang aku sayangkan Cuma satu. Mereka satu posko Mahasiswa dan Mahasiswi satu rumah. Si mahasiswa bolak-balik pakek handuk doank lewat depan Mahasiswi yang masak biasa2 aja, pun demikian mahasiswinya. Aku jadi salting sendiri, mau protes bukan hak aku.

Yang jelas besok, aku mau dapat tempat Kukerta. Dimana dalam satu Minggu, aku bisa berjumpa dengan bidadariku (bila Allah dah ngasih). Coz aku orangnya kangenan. Apalagi sempet dapet yang sosoknya emang ngangenin... wahhh hancooorr... istighfar woi... ikhwan bocor juga lu!!!
Ni diary gue... internet sudah menjadi kamar pribadiku... gak mau MUNAFIK!!!

0 Silakan Kritik dan Sarannya ^_^:

Posting Komentar

Katakan Apa Yang Ingin Anda Katakan... ^_^

No Copyright@

Hak Cipta Dilindungi Allah SWT, Bila Ada Salah Kata Mohon Dimaafkan. Lagi Belajar sich ^_^
Diterima Cacian, Makian, Saran dan Kritik
Email: abu.aifah1@gmail.com
CP/Whatsapp :
0821-7816-9560

KPR Non Ribawi Jambi

 

.:: Inspirasi Bang Malik ::. Published @ 2014 by Bang Malik

Blogger Templates