Sabtu, 03 Oktober 2009

Menjadi Mahasiswa Super Power

Menjadi Mahasiswa Super Power
By: Sulthan Malik Abdullah

Welcome to the journet of live, bro en sister mahasiswa baru IAIN STS Jambi, salam hangat dari kami Keluarga Besar LDK Al Uswah IAIN STS Jambi. Tempat dimana teman-teman hadir untuk sama-sama melihat dunia baru, sebagai seorang mahasiswa, wow… klo dulunya kita hanya bergelar siswa dengan baju putih abu-abu, sekarang kita akan masuk ke dalam dunia belantara kehidupan nyata. Sebagai pionir anak bangsa yang membuat perubahan untuk diri, dan bangsanya. Allahu Akbar!!!

Sudah baca bukan judul diatas, yang sekaligus merupakan tema acara PENAKU ke-V ini? Yo i, kita semua akan digiring (bukan Giring Nidji lho) menjadi mahasiswa Super Power. Super Power yang bukan hanya klaim semata, tapi menjadi sebuah proses kita menuju mahasiswa yang mengedepankan intelegensi dan moral.

Mahasiswa Super Power, rada berat nih temanya, karena yang nulis buletin ini belum tentu masuk kategori mahasiswa super power. Yuk, kita lihat makna sebenarnya mahasiswa itu. Ini dia empat makna mahasiswa sebenarnya, silakan ambil sesuai dengan selera teman-teman, hehe…

1. Mahasiswa itu adalah golongan kaum terpelajar yang berada atau menduduki tingkatan atas civitas akademika sehingga mereka telah dilengkapi dengan tingkat kemandirian yang tinggi , berwawasan luas, dapat mengatur dirinya sendiri dengan baik karena lamanya proses pendidikan yang mereka tempuh atau alami.

Mungkin ada pula yang seperti ini:

2. Mahasiswa adalah Sekelompok individu yang menimba ilmu jauh dari kota kelahirannya sehingga dia harus memiliki sifat tanggung jawab yang tinggi , pandai memenej waktunya dan tingkat kemandirian yang tinggi pula.

Mungkin ada juga yang berpikiran begini

3. Mahasiswa adalah golongan kaum elit yang biasanya berpenampilan wah atau parlente dengan kendaraan yang wah pula. (padahal ntu kendaraan masih ngenten ma ortu.. hihi)

Ataupun malah ada yang memiliki pikiran begini

4. Mahasiwa adalah sekelompok individu yang terlalu idealis sehingga saking terlalu idealisnya terkadang mereka tidak menyadari bahwa mereka telah disusupi oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab sehingga mudah diarahkan oleh mereka nantinya.

Keempat devinisi diatas sangatlah benar adanya. Kenapa saya mengatakan demikian?? Karena saya baca… hehe… kita sante aja ya!

Teman-teman nanti ke depan akan melihat, tingkah polah unik mahasiswa-mahasiswa semester atas, keempat devinisi liar diatas akan terbukti dengan sendirinya. Tinggal teman-teman memilih mana yang bisa kamu contoh dari mereka. Bila kamu bisa membedakan mana yang patut dicontoh dan mana yang tidak, itulah dia Mahasiswa Super Power, tidak larut dalam pergaulan dan antropologi mahasiswa liar yang ada di kampus biru tercinta ini (IAIN STS Jambi).

Kemudian, Mahasiswa Super Power adalah manusia yang tentunya tidak akan membiarkan identitas dirinya terkoyak, apalagi sebagai Mahasiswa Muslim. Dia tidak akan rela agamanya terus ternista di mata orang-orang yang tidak menyukai agamanya. Pergaulan bebas, Narkoba, de el el, menjadi teman sejati teman-teman.

Mahasiswa Muslim Super Power, tentunya akan selalu berusaha untuk tidak terjebak dan terlalu terlena dengan RoDa-isme ( Romantisme, Dugemisme dan Apatisme). Berbangga diri dengan budaya westernisasi, sambil bersusah payah menghapus jati diri agama kita yang mulia. Itu semua tak terlepas dari arus globalisasi yang mengalir masuk cukup deras pada negara yang paling kita cintai ini seakan – akan bangsa kita ini tidak memiliki filter yang dapat menyaring budaya – budaya dari luar. Semuanya kita terima , kita adopsi dalam berbagai kehidupan sehari – hari. Selain itu mayoritas mahasiswa sekarang ini berada jauh dari nilai-nilai moral Agamanya. Semua lepas kontrol, lupa pada identitas sebenarnya.

Mahasiswa Muslim Super Power adalah mahasiswa yang juga menyadari peranannya, apakah peranan seorang Mahasiswa?

- Succes (Sukses)
Kamu memang berniat dari hati yang terdalem...lem....leeem, pergi jauh dari kampung dan meninggalkan orang tua hanya untuk menjadi orang yang sukses. Sukses dunia dan sukses di akhirat. Mau tau rumusnya? Tanyakan pada Galileo! Rumusnya adalah niat dari dalam hati kamu, lalu untuk lebih menguatkan, perbanyak diskusi kepada orang-orang yang sukses dalam hal akademisi, organisatoris, dan Islamis.

Kalau sudah seperti itu, Insya Allah, Ibunda dan Ayahanda di kampung akan bangga melihat kita menjadi Mahasiswa yang sukses dan berakhlakul karimah. Karena tidak bisa kita dikatakan sukses pabila ternyata kita tidak memiliki sifat akhlakul karimah... betul kan, betul donk!!!

Ada satu sya’ir yang dinyanyikan oleh seorang Trainer sekaligus Enterpreuner, Ipho Santosa, gini nich sya’irnya ” AKU TERLAHIR TUK JADI PEMENANG, TAKKAN PERNAH TERFIKIR TUK JADI PECUNDANG”. Ingat, Allah menurunkan kita ke muka bumi ini adalah untuk menjadi seorang PEMENANG. Allahu Akbar!!!

- Clever (Pinter or Cerdas)
Nah ini die nich bagian terpenting dari Mahasiswa yang Super Power. Temen-temen sudah baca diatas bukan
? berbagai karakter ajaib Mahasiswa yang akan temen-temen saksika ketika sudah mulai aktif kuliah.

Mahasiswa Super Power, dia akan cerdas memilih lingkungan yang dapat mendukung cita-citanya kuliah di IAIN ini. Dia tidak akan menyia-nyiakan segala biaya yang dikeluarkan oleh orang tua untuk aktivitas-aktivitas yang sia-sia.

Dia akan mampu memilih mana orang yang bisa memberikan pengaruh postif bagi dirinya, dan mana orang-orang yang justru menjatuhkannya ke dalam lingkungan yang menyesatkan, yang berujung pada kekecewaan orang tuanya. Ingat, Lebih Cepat Lebih Baik. Jangan pernah kita terjebak pada kesenangan duniawi semu yang dibawa oleh orang-orang bermental perusak. Penulis percaya, temen-temen yang sedang membaca disini adalah orang-orang yang Dahsyat!!! Takbir yiuuukk... Allahu Akbar!!!

- Potential (Potensial or Berpotensi)
Kita harus menyadari, pada dasarnya kita adalah manusia yang diberikan oleh Allah SWT dengan ribuan bahkan jutaan potensi yang ada dalam diri kita. Adalah kewajiban kita mencoba menggali itu semua.

Potensi menjadi makhluk Allah yang Sholeh dan Sholehah adalah salah satunya. Pernah baca buku yang berjudul, ”TEMUKAN DIRIMU DALAM MENTORING”, nah melalui mentoring inilah nantinya potensi dalam diri kita akan digali bersama-sama. Maka teman-teman, mari kita ramaikan mentoring yang ke depan akan kalian ikuti. Di jamin, Insya Allah, kebahagiaan dunia yang diridhoi oleh Allah SWT akan kita dapatkan. Mari kita takbir kembali... Allahu Akbar!!!

- Aware (Sadar or Insaf)
Kata nabi Muhammad SAW tokoh revolusioner sejati, yang tidak pernah menjauhkan agama dari dalam setiap sendi kehidupannya, berkata, bahwasanya semua anak Adam itu berpotensi memiliki kesalahan, tetapi sebaik-baik mereka adalah yang selalu memperbaiki dirinya. Tul nggaaakk? Betul donk!

Nah, kawan-kawan, kita harus menyadari bahwa kita sudah menjadi mahasiswa, kaum intelektual, apalagi kita seorang muslim. Maka sudah pasti langsung maupun secara tidak langsung perilaku kita akan dicontoh oleh orang lain.

Maka dari itu, Mahasiswa Super Power mereka sadar akan posisinya, mereka akan merubah perilaku buruk mereka menjadi perilaku yang baik, yang sedap dipandang mata, yang gaul tapi syar’i, yang funky tapi syar’i. Tutur kata selalu mengarah untuk melakukan perbaikin diri maupun orang lain. Lagi-lagi... mentoring adalah fasilitas kita untuk benar-benar menyadarkan diri kita, jangan sampai kejahiliyahan masih menghiasi kehidupan kita, yang katanya berada dalam dunia modern.

Mahasiswa Muslim Super Power yang mengaku hidup di zaman modern, dia pasti sadar, bahwa orang yang mengaku modern itu hidupnya akan selalu selaras dengan aturan agama. No Pergaulan Bebas, No Drugs, dan kalau perlu NO SMOKING ya.. hihi kayak di ruangannya aja... eehh tapi bener lho, kalau kita bisa melihat ruangan dalam paru-paru kita, kali ajakan ada bacaan NO SMOKING.. hehe...

Nah intinya... busyyeett, sepanjang ini baru sekarang intinya. Intinya adalah Mahasiswa Super Power adalah seperti yang digambarkan diatas ntu. Maukan?? Mau donk. Yiiuuukkk ikut mentoring bareng LDK. Di jamin seru... mari takbir bersama... Allahu Akbar!!! Semoga Allah SWT meridhoi kita semua. Salam Ukhuwah Fillah dari LDK Al Uswah IAIN STS Jambi. Semoga Menjadi Mahasiswa SUPER POWER.. Aamiin. Wallahu a’lam.

2 Silakan Kritik dan Sarannya ^_^:

millati_bae mengatakan...

Woi, mahasiswa tuh yang orang yang kuliah alias sedang mengikuti pendidikan tinggi (di atas SMA/sederajat).

Sulthan MaLiK mengatakan...

ya elah,,, anak kls 1 SD juga tau klo pengertian yg kayak githu, sist!!! -_-"

Posting Komentar

Katakan Apa Yang Ingin Anda Katakan... ^_^

No Copyright@

Hak Cipta Dilindungi Allah SWT, Bila Ada Salah Kata Mohon Dimaafkan. Lagi Belajar sich ^_^
Diterima Cacian, Makian, Saran dan Kritik
Email: abu.aifah1@gmail.com
CP/Whatsapp :
0821-7816-9560

KPR Non Ribawi Jambi

 

.:: Inspirasi Bang Malik ::. Published @ 2014 by Bang Malik

Blogger Templates